Letak Halaman : Home » Buku » Komunikasi Pembangunan (New)

 
 

Komunikasi Pembangunan (New)

KOMUNIKASI PEMBANGUNAN

310 hal + XII @ Rp. 60.000,–

Oleh:

Prof.Dr.Ir. Totok Mardikanto, MS.

Softcopy @ Rp. 25.000,–

PRAKATA

Menurut sejarahnya, Komunuikasi Pembangunan, mulai dikembang-kan sejak setelah Perang Dunia ke II di Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang mengalami tantangan menghadapi kemiskinan, buta-huruf, rendahnya kesehatan, rendahnya keadaan ekonomi masyarakatnya, politik, dan infrastuktur.

Seiring dengan perkembangan teori-teori pembangunan, model komunikasi searah yang dikenalkan oleh Aristotele (Stone et al, 1999) sejak pertengahan dasawarsa tujuh-puluhan telah berubah menjadi model komunikasi yang memusat (konvergen) (Schramm dan Kincaid, 1976). Demikian juga, Komunuikasi Pembangunan telah banyak mengalami perubahan, utamanya sejak model difusi-inovasi yang dikenalkan oleh Rogers (1962) banyak memperoleh kritik dari penganut teori ketergantungan yang kemudian melahirkan model Komunuikasi Pembangunan yang partisipatif/

Buku ini disiapkan oleh penulis, yang sebelum dikenal sebagai akademisi, telah berpengalaman sebagai penyuluh (fasilitator Komunuikasi Pembangunan) sejak 1968 hingga sekarang. Oleh sebab itu, selain berisi konsep dan teori-teori, juga dilengkapi dengan rekaman pengalaman lebih dari 40 tahun sebagai praktisi Komunuikasi Pembangunan; dengan harapan, isi buku ini dapat digunakan sebagai Buku Acuan (Resource Book) dapat digunakan oleh akademisi, praktisi, maupun peminat/pengamat kegiatan Komunuikasi Pembangunan.

Buku ini berisi 13 Bab, yang jika digunakan sebagai acuan perkuliahan dapat digunakan untuk 12-14 kali tatap-muka.

Edisi Pertama, telah diterbitkan oleh UNS-Press pada tahun 1988 dengan judul yang sama. Pada tahun 1997, oleh penulis diperbaiki dan diterbitkan oleh PT. Balai Pustaka (Persero) dalam tiga judul, yaitu: Dasar-dasar Komunikasi Pembangunan, Strategi Kouminkasi Pembangunan, dan Mengefektifkan Komunikasi Pembangunan

Dibanding dengan edisi-edisi sebelumnya, dalam buku ini dilakukan perbaikan, yaitu:

(1) Pada Bab 1, tentang: Konsep Pembangunan Partisipatif dan Perkembangan Paradigma Pembangunan,

(2) Pada Bab II, tentang: Model-model Komunikasi, , dan Teori-teori Komunikasi Untuk Perubahan

(3) Pada Bab III, tentang: Pengertian Komunikasi Pembangunan, Paradigma Komunikasi Pembangunan, dan Model komunikasi Pembangunan Partisipatif.

(4) Pada Bab IX, tentang tingkat dan tipologi Partisipasi

(5) Pada bab X, tentang: Paradigma Komunikasi Pembangunan, Hambatan dan Gangguan, dan Kesalah-pahaman Dalam Komunikasi Antar Manusia.

(6) Pada Bab XII, tentang Pendekatan Pemasaran untuk Mengefektifkan Komunikasi Pembangunan

(7) Pada bab XIII, tentang Kecenderungan Komunikasi Pembangunan Di Masa Depan.

Meskipun demikian, buku ini bukanlah “Kitab Suci” yang harus diterima apa adanya, tetapi lebih berfungsi untuk membuka wawasan, percakapan, dan mengajak untuk secara kritis bersama-sama membangun kegiatan belajar-bersama serta berbagi pengetahuan dan pengalaman (sharing).

Karena itu, adanya kritik untuk melengkapi dan memperbaiki isi buku ini akan diterima dengan senang hati.

Kepada semua pihak yang telah banyak memberikan dorongan, membantu, mengkritisi, sampai dengan penerbitan buku ini, disampaikan terima kasih.

Semoga bermanfaat!

Sukoharjo, September 2010

Penulis