Letak Halaman : Home » Buku » Metoda Penelitian dan Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat

 
 

Metoda Penelitian dan Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat

METODA PENELITIAN DAN EVALUASI

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

280 hal + XI @ Rp. 50.000,–

Oleh:

Prof.Dr.Ir. Totok Mardikanto, MS.

Softcopy @ Rp. 25.000,–

PRAKATA

Pemberdayaan Masyarakat yang mulai populer di Indonesia sejak awal dasawarsda 1990-an melalui Inpres Desa Tertinggal (IDT) kini telah menjelma laksana “mukjizat”.

Di kalangan birokrasi, kini telah dikembangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM). Seiring dengan itu, tidak satupun institusi pemerintah yang tidak melakukan program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.Bahkan kegiatan itu juga telah merambah ke dunia usaha, melalui program tanggungjawab sosila perusahaan (corporate social responsibility).

Sayang, program mulia itu dalam praktek tidak selalu berlangsung seperti yang diharapkan. Bahkan, pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memandirikan masyarakat, dalam praktek justru menciptakan ketergantungan.

Kondisi seperti itu, tentu memerlukan upaya kritis untuk perbaikannya. Karena itu, peran penelitian dan atau evaluasi menjadi sangat penting.

Bertolak dari keprihatinan seperti itu, Buku ini disiapkan untuk dapat dijadikan acuan bagi para peneliti, baik di kalangan akademisi. Praktisi, maupun pemerhati yang tertarik untuk melakukan penelitian dan atau evaluasi program/kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Sebagai acuan bagi mahasiswa, buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2003, yang sepenuhnya mengacu kepada paradigma kuantitatif.

Tetapi, seiring dengan semakin maraknya penerapan paradigma kualitatif, terbitan revisi ini dilengkapi dengan konsep dan penerapan paradigma kuantitatif dan kualitatif, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama.

Buku ini terdiri dari 12 Bab, yang diawali dengan konsep dasar tentang Penelitian dan Evaluasi, Paradigma Penelitian, Evaluasi, Perumusan Topik Dan Judul Penelitian, Penelitian Pendahuluan, Landasan Teori, Hipotesis dan Definisi Variabel, Desain Penelitian, Populasi dan Contoh (Sample), Pengumpulan Data, Analisis Data, dan Ditutup Dengan Penulisan Laporan Penelitian.

Pembagian Bab ini, juga disesuaikan dengan acara perkuliahan yang diselenggarakan sebanyak 12-14 kali tatap-muka.

Meskipun demikian, disadari bahwa yang tersaji di dalam buku ini masih memiliki kelemahan.

Oleh sebab itu, penulis sangat berterima kasih jika pembaca berkenan mengkritisi dan memberikan komentar untuk perbaikannya.

Semoga bermanfaat

Sukoharjo, September 2010

Penulis