Letak Halaman : Home » Buku » Metoda Penelitian dan Evaluasi Agribisnis

 
 

Metoda Penelitian dan Evaluasi Agribisnis


METODA PENELITIAN DAN EVALUASI AGRIBISNIS

288 hal + vii @ Rp. 50.000,–

Oleh:

Prof.Dr.Ir. Totok Mardikanto, MS.

Softcopy @ Rp. 25.000,–

PRAKATA

Dari catatan sejarah, pembangunan pertanian selalu menjadi pilihan prioritas pembangunan nasional, baik oleh negara yang sedang berkembang maupun oleh negara-negara yang sekarang telah tergolong sebagai negara maju.

Seiring dengan itu, perhatian terhadap kegiatan pertanian yang semula hanya terpusat pada kegiatan budidaya, telah berkembang sebagai suatu sistem agribisnis yang mencakup kegiatan-kegiatan on-farm.off-farm, maupun non-farm.

Di pihak lain, sejalan dengan perkembangan peradaban, legiatan penelitian dan evaluasi semakin dibutuhkan untuk mengkaji beragam masalah, memecahkan masalah-masalah, dan atau mengembangkan kegiatan/

Terkait dengan hal ini, kegiatan penelitian dan evaluasi agribisnis juga semakin menjadi kebutuhan, baik di kalangan akademisi, praktisi, dan pengambil kebijkan pembangunan pertanian maupun pembangunan nasional dalam, arti yang lebih luas.

Buku ini terdiri dari 12 Bab, yang diawali dengan konsep dasar tentang Penelitian dan Evaluasi, Paradigma Penelitian, Evaluasi, Perumusan Topik Dan Judul Penelitian, Penelitian Pendahuluan, Landasan Teori, Hipotesis dan Definisi Variabel, Desain Penelitian, Populasi dan Contoh (Sample), Pengumpulan Data, Analisis Data, dan ditutup Dengan Penulisan Laporan Penelitian.

Pembagian Bab ini, juga disesuaikan dengan acara perkuliahan yang diselenggarakan sebanyak 12-14 kali tatap-muka.

Meskipun demikian, disadari bahwa yang tersaji di dalam buku ini masih memiliki kelemahan.

Oleh sebab itu, penulis sangat berterima kasih jika pembaca berkenan mengkritisi dan memberikan komentar untuk perbaikannya.


Dengan selesainya tulidsan ini sampai dengan penerbitannya, para penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan semangat, dukungan, serta membantu proses koreksi dan penyuntingannya.

Semoga bermanfaat

Surakarta, akhir Desember 2010

Para Penulis