Letak Halaman : Home » Buku » Pengembangan Masyarakat

 
 

Pengembangan Masyarakat

PENGEMBANGAN MASYARAKAT

(Community Development)

340 hal + xii @ Rp. 65.000.–

Oleh:

dr. Aprillia Theresia, NTO, MSi

Prima Graditya P.N., ST, MM.

Krisnha M.S. Andini, SPd, MSi.

Prof.Dr.Ir. Totok Mardikanto, MS.

Softcopy @ Rp. 25.000,–

KATA PENGANTAR

Sebagai mahkluk ekonomi, setiap manusia selalu berupaya untuk memperbaiki kesejahteraan hidupnya.Tentang hal ini, upaya-upaya untuk tercapainya perbaikan kesejahteraan hidup bagi setiap individu maupun masyarakat luas, dalam pengertian sehari-hari seringkali disebut sebagai upaya “pembangunan”.

Pendek kata, pembangunan merupakan segala upaya yang terus-menerus ditujukan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat dan bangsa yang belum baik, atau untuk memperbaiki kehidupan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi.

Terkait dengan hal ini, praktek pembangunan di masa lalu, lebih banyak dilakukan oleh “orang luar” atau yang ebih sering memggunakan istilah “dari atas” atau “top down.” Praktek seperti itu telah memperoleh banyak kritik, dan sebagai gantinya ditawarkan konsep pengembangan masyarakat atau “community development,“ yang menempatkan masyarakat tidak sekadar sebagai obyek, melainkan juga subyek yang seharusnya diberi kesempatan untuk memilih cara-cara yang paling tepat untuk memperbaiki kehidupannya.

Meskipun demikian, dalam prakteknya, pengembangan masyarakat seringkali masih dilakukan sendiri oleh orang-luar yang merasa lebih tahu dan memiliki sumberdaya yang diperlukan untuk mewujudkan perbaikan hidup masyarakat.

Buku yang terdiri dari 11 Bab ini, disiapkan oleh para penulis untuk menambah kepustakaan tentang Pengembangan Masyarakat (Community Development), yang dirasa masih sangat terbatas, utamanya yang ditulis oleh kalangan pribumi.

Pada Bab 1, diawali dengan uraian tentang hakekat pembangunan dan pembangunan berkelanjutan, termasuk tulisan pendek tentang Ekonomi Hijau.

i

Bab II, memberikan pemahaman tentang Pembangunan Berbasis Masyarakat yang seharusnya dipahami oleh setiap pelaku pengembangan masyarakat. Bab III sampai Bab X, berisi uraian tentang pengembangan masyarakat, yang diawali dengan pengertian dan ditutup dengan evaluasi pengembangan masyarakat/ Bab XI, berisi uraian singkat tentang praktek pengembangan masyarakat yang pernah dilakukan di Indonesia, baik yang dilakukan di beberapa sektor kegiatan secara terintegrasi, yang bersifat sektoral, maupun yang dilakukan oleh korporasi sebagai implementasi tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR).

Sebagai karya manusia biasa, tentu saja tulisan ini masih mengandung banyak kelemahan, utamanya yang terkait dengan tata-tulis dan kutipan-kutipannya.Karena itu, adanya kritik/ saran dari pembaca sangat diharapkan untuk perbaikannya.Kepada para sahabat, utamanya kolega Staf Pengajar dan mahasiswa/mahasiswi Program Pascasarjana Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta disampaikan terima kasih atas dorongan dan kerjasamanya selama ini.

Semoga bermanfaat

Sukoharjo, awal Januari 2014

Penulis